Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tiga Hal yang Bisa Menghantarkan Seseorang Istiqamah

Topswara.com -- Dai muda sekaligus influencer Ustaz Felix Siauw menyebut ada tiga hal yang bisa menghantarkan seseorang untuk bisa istiqamah menjalankan perintah Allah.

"Ada tiga hal yang dapat menghantarkan seseorang untuk istiqamah dalam menjalankan perintah Allah SWT," lugasnya di kanal YouTube Felix Siauw: Agar Kita Bisa Istiqomah, Kamis (27/8/2024).

Pertama, akidah, yakni berkaitan dengan individual dan tidak berkaitan dengan yang lain. Jadi, akidah tersebut berkaitan dengan apa yang ada pada diri seseorang.

"Kedua, ukhuwah (komunitas) ini sangat mempengaruhi, apakah supporting system nya negative vibes atau positive vibes. Itulah yang menentukan seseorang bisa untuk istiqamah. Ketiga, syariah, yakni penerapan sebuah sistem," paparnya.

Atau dengan singkatnya istiqamah dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu kekuatan individu, kekuatan ukhuwah, dan kekuatan sistem. Adapun akidah adalah kekuatan atau keyakinan internal yang tidak dapat terlihat, atau bahasa sederhananya akidah adalah cara menjawab kenapa seseorang harus melakukan atau memilih hal ini atau itu. Maka, semua jawabannya adalah jawaban akidah.

"Misalnya, jika seseorang bertanya apa itu salat dan puasa, serta bagaimana caranya? Maka, ini bukan pertanyaan yang akan menghasilkan jawaban akidah, tetapi jawaban fikih. Namun, pertanyaan tersebut akan dijawab berdasarkan akidah jika seperti ini, kenapa seseorang berpuasa atau shalat?" terangnya.

Manusia memang bisa memiliki akidah yang kuat, sehingga dia senantiasa bisa konsisten dalam apa pun aktivitas amal ibadah. Namun, manusia didesain tidak untuk bisa sendiri, tetapi mereka didesain untuk melakukan sesuatu secara berjamaah. Sebagaimana perintah Allah SWT kepada manusia di dalam Al-Qur'an yang selalu menggunakan kata "kalian". Jadi melakukannya harus bersama-sama karena berjamaah akan memudahkan seseorang istiqamah. 

"Kunci istiqamah yang paling mudah yang bisa kita laksanakan adalah mencari komunitas yang bisa mengingatkan ketika kita berbuat salah, mencari teman yang satu frekuensi dalam kebaikan, dan yang bisa menguatkan ketika kita lemah," sarannya.

Ketiga adalah sistem, yaitu kekuatan yang sangat besar. Lebih besar daripada akidahnya individu dan lebih besar daripada ukhuwahnya berjamaah. Dimana jika sistem yang ada menerapkan aturan Islam, maka orang-orang baik akan muncul.

"Maka dengan demikian, jika akidah akan memunculkan individu yang baik, ukhuwah memunculkan jamaah yang baik, sedangkan sistem akan memunculkan orang-orang baik. Jadi satu generasi itu orang baik semua karena mereka dipaksa jadi baik oleh sistem," pungkasnya.[] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar