Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Renungan Maulid 1446 H (Bagian 1)

Topswara.com -- Cinta Nabi Cinta Khilafah

Cinta Nabi sepaket dengan cinta kepada Allah. Cinta kepada Allah menuntut taat kepada Nabi Muhammad SAW. Jika mencintai Allah maka harus mentaati Nabi Muhammad SAW.

Surat Ali ‘Imran Ayat 31

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

"Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Mencintai Allah dan Nabi SAW adalah wajib. Mari kita simak bersama firman Allah Ta’ala,

قُلْ إِنْ كَانَ آَبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّى يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

“Katakanlah: Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” (QS. At Taubah: 24).

Ibnu Katsir mengatakan,

“Jika semua hal-hal tadi lebih dicintai daripada Allah dan Rasul-Nya, serta berjihad di jalan Allah, maka tunggulah musibah dan malapetaka yang akan menimpa kalian.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 4/124).

Mencintai Nabi SAW terwujud dengan mencintai seluruh ajaran Nabi SAW. Baik aqidah maupun syariah secara totalitas 100 persen. Serta siap mentaati beliau SAW juga seratus persen. Meskipun dalam ketaatan akan terjadi kesalahan dan kekhilafan sehingga senantiasa berupaya taubatan nasuha.

Oleh karena itu setiap muslim wajib mencintai akidah Islam seluruhnya. Baik rukun iman yang enam maupun seluruh cabang-cabangnya sebagiamana telah dijelaskan dengan gamblang oleh para ulama dalam ribuan kitab-kitab mereka. Dan diajarkan dalam majelis-majelis mereka.

Demikian juga wajib mencintai seluruh syariat Islam. Baik aturan pribadi, bermasyarakat ataupun bernegara. Tanpa kecuali.

Wajib mencintai ajaran shalat, zakat, puasa, dan haji. Wajib mencintai ajaran tentang muamalah seperti sistem ekonomi, sistem pergaulan, sistem pidana, sistem pendidikan dan tentunya termasuk sistem pemerintahan yakni khilafah.

Maka merupakan bentuk cacat akidah jika seorang muslim malah membenci salah satu ajaran Nabi Muhammad SAW. Baik aqidah maupun syariah. Karena itu merupakan bentuk cacat cintanya kepada Nabi Muhammad SAW. 

Bagiamana mungkin seorang yang ngaku muslim dan ngaku cinta kepada Nabi Muhammad SAW kemudian menolak khilafah yang merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW? Sebaliknya dia malah mencintai demokrasi ajaran dari penjajah kafir? Sungguh sikap yang tidak normal dan sangat aneh.

Jadi, cinta Nabi Muhammad SAW pastinya cinta khilafah. Wallaahu a'lam.[]


Oleh: Ustaz Abu Zaid
Ulama Aswaja 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar