Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mau Sukses Dunia Akhirat! Cari Ilmu

Topswara.com -- Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:
"Barang siapa yang menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntutlah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu. Baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Setiap Muslim tentunya menginginkan kesuksesan dan kebahagian hidup di dunia dan akhirat. Tetapi semuanya tidak bisa diraih dengan instan dan gampang. Perlu usaha dan pengorbanan luar biasa. Dan semuanya diawali dari ilmu.

Ketika seorang Muslim ingin sukses di dunia, sebagai apapun maka harus cari tau ilmunya. Ingin sukses sebagai orang tua: punya anak yang salih shalihah, ahli ilmu ahli ibadah, maka orang tua harus tau ilmunya.

Orang tua harus paham ilmu agama, paham parenting Islam dan sebagainya. Untuk itu orang tua harus mau mengorbankan waktu untuk mencari ilmunya, mengorbankan hartanya untuk pendidikan anak-anaknya dan pengorbanan lainnya.

Ingin sukses dalam usaha menjemput rezekiNya: mendapatkan untung yang besar dan berkah, semakin berkembang dan bermanfaat untuk umat, maka harus tahu ilmu berwirausaha. 

Pengusaha harus paham seluk beluk usaha, paham ilmu marketing, dan lain sebagainya. Untuk itu, seorang pengusaha harus mengorbankan waktunya untuk belajar, sharing ilmu dengan pengusaha yang lain. Dan untuk itu juga butuh pengorbanan harta yang tidak sedikit.

Jadi untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan hidup di dunia, sebagai apapun itu, butuh ilmu.

Demikian juga ketika seorang muslim menginginkan kesuksesan di akhirat: mendapatkan ridaNya Allah sehingga dimasukkan ke surgaNya, juga butuh ilmu. Seorang muslim harus paham bagaimana caranya mendapatkan rida Allah, bagaimana agar Allah tidak murka kepadanya. 

Seorang Muslim harus tahu kewajiban-kewajibannya, paham tentang halal dan haram, sehingga perbuatannya tidak menyelisihi syariatnya Allah. Sehingga setiap muslim harus 'ngaji', harus menuntut ilmu.

Lantas, ketika ingin sukses di dunia dan akhirat sekaligus bagaimana?

Ya sama!
Tetap butuh ilmu.
Apalagi ingin sukses dunia akhirat?! 
Butuh ilmu yang lebih luas lagi. Butuh pengorbanan juga yang lebih besar lagi. 
Pengorbanan waktu untuk menuntut ilmu, pengorbanan harta untuk menuntut ilmu.
Butuh kesungguhan dan usaha yang luar biasa. 

Masalahnya, sukses dunia akhirat lho.
Bukan sesuatu yang remeh temeh dan sepele. Sehingga upayanya juga tidak bisa sekedarnya saja. Upayanya harus luar biasa. Dan semuanya berawal dari Ilmu.

Jadi, mau sukses dunia akhirat?! Raihlah dengan ilmu.

Wallahu a'lam bishshawab.


Salma
Aktivis Muslimah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar