Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menjadi Generasi Islam Terbaik

Topswara.com -- Umat Islam adalah umat terbaik. Siapa yang memberikan stempel demikian? Stempel ini adalah stempel dari Zat yang memiliki dan menguasai manusia dan kehidupan. Siapa lagi kalau bukan Allah azza wa jalla.

Lantas, bagaimanakah ciri-ciri umat yang terbaik? Yuk coba kita lihat bagaimana generasi pertama kaum muslimin telah mencontohkan. Generasinya sayyidina Abu Bakar, sayyidina Umar, sayyidina Ustman, dan sayyidina Ali. Bagaimanakah mereka?

Pertama, mereka adalah generasi yang akidahnya lurus dan kuat. Tergambar dengan jelas dari akidahnya bahwa dunia ini hanyalah ladang untuk beramal dan berjuang. Terlihat dengan jelas bagaimana keteguhan mereka dalam mendekap akidah Islam meskipun mayoritas manusia disekelilingnya ahli kesyirikan. Meraka tidak takut dan gentar dengan para pencela.

Kedua, mereka adalah generasi yang haus akan majlis ilmu. Pertanyaannya sederhana, bagaimana mungkin nama-nama mereka sering kita baca dalam jalur periwayatan hadis, kalau mereka bukan orang-orang yang demen bin suka duduk dalam majlis ilmunya Baginda Rasulullah? 

Ketiga, mereka adalah pengamal dan pejuang yang luar biasa. Ilmu yang luas, tidak cukup hanya dalam diri, tetapi ilmu itu terpancar dalam perilaku sehari-sehari mereka. 

Mereka pribadi yang ibadahnya luar biasa, bekerjanya menjemput rezeki Allah juga luar biasa, dan yang tidak kalah penting, perjuangan dan pengorbanan dalam medan dakwah dan medan jihad baik pikiran, jiwa raga bahkan nyawa terlebih harta jangan ditanya. Sampai-sampai sering terucap dari lisan Baginda Rasulullah, apa yang engkau sisakan untuk dirimu dan keluargamu? Subhanallah. 

Itulah sedikit cerminan generasi terbaik, generasi khairu ummah. Ayo kita bisa, jadi seperti generasi para sahabat. Mereka manusia, kita juga manusia. Lawan dua kata aku enggak bisa dan malas aku.

Wallahu'alam bi ash shawab.


Abu Umar Abdillah
Aktivis Muslim
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar