Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tugas Penting Pengemban Dakwah Adalah Menjaga Akidah Umat

Topswara.com -- Muslimah Media Hub (MMH) menegaskan bahwa tugas penting pengemban dakwah adalah menjaga akidah Islam umat agar tetap suci dan bersih dalam jiwa mereka.

"Tugas penting pengemban dakwah adalah menjaga akidah Islam umat agar tetap suci dan bersih di dalam jiwa mereka, hingga tak ada satu pun faktor yang dapat mengeruhkannya," tuturnya dalam Iman Booster bertema Pengemban Dakwah, Membersihkan Pemikiran Umat yang Keruh di kanal YouTube Muslimah Media Hub, Rabu (9/7/2024).

MMH mengungkap, hidup di dalam penerapan sistem kapitalisme dan sekularisme telah menjadikan kaum Muslim makin lemah dan jauh dari keterikatan terhadap hukum syariat. Kaum Muslim saat ini menjadi makin jauh dari karakter para sahabat pada masa Rasulullah SAW. Para sahabat sangat konsisten pada kebenaran ajaran Islam, mereka menghabiskan banyak waktu dan tenaga di dalam proses pencarian kebenaran dan melibatkan keikhlasan yang jauh lebih besar lagi.

Dalam unggahannya, MMH berpesan, jika pengemban dakwah diminta berpegang teguh kepada sunah Nabi SAW dan melaksanakan apa pun yang Rasulullah SAW kerjakan. Maka, pengemban dakwah harus tunduk, patuh, dan jangan sampai melanggar dengan melakukan keharaman yang akibatnya bisa merusak pemikiran umat.

"Namun, kehidupan yang diatur oleh ideologi kapitalisme hari ini, orang-orang kafir pembenci Islam terus-menerus menyerang Islam dengan narasi-narasi yang menyesatkan. Dengan lantang mengatakan bahwa Islam tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah kontemporer yang bermunculan," cetusnya.

Akan tetapi katanya, reaksi kaum Muslim menanggapi narasi-narasi tersebut bersikap defensif apoligate. Sebagian kaum Muslim memberikan solusi dari narasi-narasi yang telah dilontarkan oleh orang-orang yang hidup di sistem kapitalisme, bahkan sebagian kaum Muslim lainnya mengeluarkan sejumlah pemikiran yang justru mengadopsi pemikiran Barat. Hal tersebut cukup menjadi bukti atas kemunduran pemikiran kaum Muslim.

"Oleh karena itu, tugas penting lainnya bagi para pengemban dakwah, yaitu harus menjaga metode pengambilan dalil yang akurat yang bisa mencegah masuknya pemikiran yang dilandasi hawa nafsu dan pendapat manusia ke dalam hukum-hukum syariat," lugasnya.

Maka menurutnya, umat harus menjadikan Islam sebagai perkara yang paling penting di dalam kehidupan mereka. Bahkan lebih penting dari diri mereka sendiri, anak-anak, hingga keluarga mereka. Para pengemban dakwah harus terus berdakwah hingga terbentuk pemahaman yang benar di tengah umat. 

"Dakwah juga harus bertujuan untuk membangun opini Islam di tengah-tengah umat, dan opini yang terbangun di tengah umat adalah penerapan aturan Islam adalah solusi atas berbagai problematika yang menimpa mereka selama ini," terangnya.

Dakwah itu katanya, harus menjadikan umat menanggalkan pemikiran-pemikiran kufur dan segala kotorannya dari jiwa dan akal mereka serta membuang jauh-jauh segala keburukan dan bekas-bekasnya. Sebagaimana para sahabat radiyallahu anhum yang telah melucuti kotoran jahiliah setelah menerima hidayah Islam.

"Sungguh, kejernihan pemikiran akan mendekatkan pada pertolongan Allah," tandasnya.[] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar