Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Target Dakwah Adalah Memahamkan Masyarakat Ideologi Islam

Topswara.com -- Muslimah Media Hub (MMH) menjelaskan bahwa target dakwah seperti dilakukan Rasulullah SAW. adalah memahamkan masyarakat dengan ideologi Islam.

"Rasulullah SAW mendakwahkan Islam dengan target memahamkan masyarakat dengan ideologi Islam," ujarnya di kanal Youtube Muslimah Media Hub (MMH): Islam Wajib Diemban sebagai Ideologi, Selasa (11/6/2024).

MMH melanjutkan, dengan cara berdakwah seperti itulah ideologi Islam menjadi ideologi mereka dan apa yang menjadi tujuan Islam akan menjadi tujuan mereka juga. 

"Itu artinya, di dalam melakukan aktivitas dakwah pemikiran, kita harus memiliki keinginan kuat agar masyarakat mau mengadopsi ideologi Islam yang kita dakwahkan kepada mereka. Kemudian mereka pun mengemban dakwah Islam dengan penuh rasa puas dan sikap yang tunduk terhadap Islam," jelasnya

Pada masa lalu, kisahnya di tahapan kedua dari keseluruhan tahapan dakwah Rasulullah SAW. Rasulullah dan para sahabat mengalami berbagai penolakan, penentangan, pendustaan, fitnahan bahkan diembargo. 

"Hal ini sebenarnya serupa dengan apa yang kita alami pada masa sekarang ini di mana para penggemar dakwah Islam ideologi diberi gelar radikal, pemecah belah, hanya karena mereka mendakwahkan Islam," ujarnya.

Pada masa Rasulullah, lanjutnya, sempat muncul ide dari salah satu sahabat untuk menggunakan kekerasan atau senjata di dalam melawan kejahatan dan siksaan kafir Qurais. Sebagian sahabat memohon kepada Rasulullah untuk mengizinkan hal tersebut, akan tetapi Rasulullah SAW mencegah keinginan mereka seraya bersabda: "Aku diperintahkan untuk menjadi seorang pemaaf. Oleh karena itu, kalian tidak boleh memerangi mereka."

"Sekarang ini, secara fakta, kita juga berada di tahapan kedua dakwah Islam dan kita tidak boleh mengangkat senjata dan menggunakan kekerasan di dalam berdakwah. Pengemban dakwah harus berdakwah dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan pertolongan Allah dan mengikuti tahapan dakwah sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Allah," tegasnya.

MMH menyebutkan bahwa pertolongan Allah bisa berupa pertolongan bagi aktivitas dakwahnya maupun pertolongan bagi Islam itu sendiri. Hal tersebut sesuai dengan amal Rasulullah SAW saat beliau mencari pertolongan atau perlindungan agar bisa berpindah ke fase yang ketiga, yaitu istilamul hukmi, yaitu penerapan hukum-hukum Islam.

"Kita harus mencontoh tahapan demi tahapan dakwah Rasulullah, karena Allah memerintahkannya dengan demikian. Kita juga mesti mencari pertolongan kepada pihak-pihak yang memang memiliki kekuatan signifikan di tengah-tengah masyarakat maupun negara sebagaimana Rasulullah dulu pernah melakukan hal yang demikian. Begitulah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang harus dicontoh oleh kelompok dakwah Islam hari ini," ungkapnya.

MMH menyeru, agar para penggemar dakwah yang tergabung di dalamnya juga wajib memberikan dukungan secara terus-menerus dengan cara menyampaikan Islam ketengah masyarakat sehingga terbentuk opini umum. 

"Dengan begitu, mereka akan menuntut perubahan ke arah Islam sebagaimana yang pernah terjadi di Madinah," pungkasnya.[]Najwa, Nabila Zidane
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar