Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tanda-Tanda Cinta Dunia (2)

Topswara.com -- Sobat cinta dunia adalah musibah terbesar menusia karena akibatnya sungguh berbahaya. Rela menukar akhirat dengan dunia.

Para ulama telah memperhatikan dan menjelaskan perkara ini dengan sangat luas. Oleh karena itu kita bisa memahami seluk beluknya.

Salah satu perkara penting tentang hubbud dunya yang harus kita pahami adalah tanda-tandanya. Diantara tanda-tandanya sebagai berikut:

Pertama, mengorbankan agama dan lebih memilih kekafiran

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

“Bersegeralah melakukan amalan shalih sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia.” (HR. Muslim no. 118).

Begitulah bahaya hubbud dunya. Rela menukar agama dengan tahta, harta atau wanita. Rela menukar iman dengan kekufuran. Rela menukar akhirat yang kekal dengan remah-remah nikmat dunia yang fana.

Yang nampak jelas sekarang adalah banyak alim yang menjual fatwa demi dunia. Asal ada imbalan dia bergegas membuat fatwa pesanan. Asal dapat sesuatu maka dia kerahkan segala kemampuan untukembuat fatwa pesanan. Khusunya pesanan rezim yang berkuasa yang mengabdi dan menghamba kepada oligarkhi. Mengerikan bukan?

Semoga kita bisa terbebas dari hubbud dunya. Dan menjadi hamba Allah yang lurus hingga husnul khatimah. Aamiin.

Ngaji yuk![]


Oleh: Ustaz Abu Zaid
Ulama Aswaja 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar