Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Orang Lain Bisa Berhijrah kalau...

Topswara.com -- Founder Paguyuban Artis Taubat Abah Moekti Candra mengatakan, orang lain bisa berhijrah kalau bertemu dengan orang yang benar.

"Orang lain bisa berhijrah kalau bertemu dengan orang yang benar," ungkapnya dalam: Agar Tidak Salah Arah Setelah Hijrah di kanal YouTube Muslimah Pembelajar, Rabu (10/7/2024).

Ia menjelaskan, kalau orang berhijrah harus bertemu dengan orang yang shalih bukan orang yang salah. Banyak artis yang hijrah tetapi nyeleneh, sudah berkerudung lalu kemudian buka lagi. Jadi dalam pandangannya, hijrah itu jangan jadikan trend, hijrah itu dengan niatan lurus betul-betul berhijrah taubatan nasuha.

Kemudian, ia menjelaskan, karena hijrah itu berat maka ia berperan membawa perubahan pada orang yang ingin berhijrah. "Mulai turun ke jalanan, terus kalau mendekati wanita saya mengajak istri, karena pergaulan harus dijaga. Terus seperti itu berproses dan itu tidak mudah, orang berhijrah tidak mudah, yang sering saya alami ejekan," ungkapnya.

Ia mengingatkan, hijrah jangan seperti wiper mobil kiri kanan, kiri kanan. "Maka saya bervisi hijrah itu harus lurus, tidak boleh tergoyahkan, sebagaimana yang disampaikan kaidah hukum Syeh Taqqi, mukadimah kitab yang saya kaji bab thariqul iman," 

Ia mengutip Allah Qs. Ali Imran 110 كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ

Artinya: Kalian wahai umat Muhammad SAW adalah sebaik-baik umat yang Allah keluarkan untuk umat manusia dalam hal keimanan dan amal perbuatan. Kalian adalah manusia yang paling bermanfaat bagi umat manusia.

Kemudian, surah Al Baqarah: 5 وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

Artinya: Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

"Ternyata begini menjadi insan mulia, makanya saya semangat terus, bagaimana untuk rezeki? Rezeki minallah tidak usah takut, ketika orang berhijrah kadang-kadang saya buat makan gimana anak istri, sering kita mengalami itu, bahkan dengan istri juga seringnya kita puasa tetapi bukan menjadi umat yang kufur sebagaimana Rasul sampai menaruh batu di perut, diikat karena lapar, kita belum seperti itu," terangnya.

"Prinsip KKN (kebanyakan kufur nikmat) jangan kufur nikmat. Berhijrah itu, istiqamah, terus saja qanaah, menerima pemberian dari Allah, itu yang memberikan gambaran diri saya sehingga saya kuat sampai hari ini," pungkasnya.[] Alfia Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar