Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kewajiban Pengembangan Dakwah Adalah Membersihkan Pemikiran Umat yang Keruh

Topswara.com -- Hidup di dalam negara yang menerapkan sistem kapitalisme dan sekularisme, telah menjadikan kaum Muslim semakin lemah dan jauh dari keterikatan terhadap hukum syariat. Kaum Muslim saat ini menjadi semakin jauh dari karakter para Sahabat pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat sangat konsisten pada kebenaran ajaran Islam. Mereka menghabiskan banyak waktu dan tenaga di dalam proses pencarian kebenaran dan melibatkan keikhlasan yang jauh lebih besar lagi. 

Apabila kita diminta berpegang teguh kepada sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan melaksanakan apapun yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kerjakan, maka kita harus tunduk dan patuh terhadap semua syariat yang telah Beliau ajarkan. 

Selain itu, jangan sampai kita melanggar dengan melakukan keharaman yang akibatnya bisa merusak pemikiran umat. Namun, dalam kehidupan yang diatur oleh ideologi kapitalisme hari ini, orang-orang kafir pembenci Islam terus-menerus menyerang Islam dengan narasi-narasi yang menyesatkan. 

Mereka lancang, mengatakan bahwa Islam tidak mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman saat ini dan Islam tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah kontemporer yang bermunculan. 

Adapun reaksi kaum Muslim terhadap narasi-narasi tersebut adalah bersikap defensif apologetik. Sebagian kaum Muslim menciptakan solusi-solusi yang terkesan Islami dari berbagai narasi yang telah dilontarkan oleh orang-orang yang hidup di dalam sistem kapitalisme. 

Bahkan, sebagian kaum muslimin lainnya mengeluarkan sejumlah pemikiran yang justru mengadopsi pemikiran Barat. Hal ini cukup menjadi bukti atas kemunduran pemikiran kaum muslimin. 

Oleh karena itu, tugas penting para pengemban dakwah adalah terus menjaga akidah Islam umat agar tetap bersih dan suci di dalam jiwa mereka, hingga tidak ada satu pun faktor yang bisa memperkeruh pemikiran umat. 

Selain itu, para pengemban dakwah harus menjaga metode pengambilan dalil yang akurat, yang bisa mencegah masuknya pemikiran yang dilandasi hawa nafsu dan pendapat manusia ke dalam hukum-hukum syariat. 

Seluruh umat harus sadar dan menjadikan Islam sebagai perkara yang paling penting di dalam kehidupan mereka, bahkan lebih penting dari diri mereka sendiri, anak-anak hingga keluarga mereka. Para pengemban dakwah harus terus berdakwah hingga terbentuk pemahaman yang benar di tengah umat. 

Dakwah juga harus bertujuan untuk membangun opini Islam di tengah-tengah umat. Dan opini yang harus terbangun di tengah umat adalah penerapan aturan Islam kaffah adalah solusi atas berbagai problematika yang menimpa mereka selama ini.

Dakwah yang kita emban harus menjadikan umat menanggalkan pemikiran-pemikiran kufur dan segala kotorannya dari jiwa dan akal mereka, serta membuang jauh-jauh segala keburukan dan bekas-bekasnya sebagaimana para Sahabat radhiallahu 'anhum, yang telah melucuti seluruh kotoran jahiliyah setelah menerima hidayah Islam. 

Sungguh, hanya dengan kejernihan pemikiran seluruh umat Muslim yang akan mendekatkan pada pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala, sehingga terwujud negara yang berlandaskan akidah Islam yaitu Daulah Khilafah.

Wallahu a'lam bishshawab.


Sumariya
Aktivis Muslimah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar