Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Inilah yang Harus Dilakukan Supaya Perubahan Hakiki Bukan Hanya Spirit

Topswara.com -- Pemerhati Generasi Ustazah Dedeh Wahidah Achmad menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan supaya perubahan hakiki bukan hanya spirit.

“Ada hal yang harus dilakukan supaya perubahan hakiki bukan hanya spirit. Karena sebesar apa pun semangat, kalau tidak berlanjut pada amal tidak akan ada perubahan,” tuturnya dalam Live Muslimah on Room bertajuk Muharam dan Visi Perubahan, di kanal YouTube Muslimah Media Hub (MMH), Sabtu (13/07/2024).

Ia mengungkapkan, pertama yang harus dilakukan adalah terus meningkatkan penguasaan keilmuan terhadap tsaqafah Islam. Karena dengan keilmuan akan menjadikan pengetahuan akan hijrah atau perubahan yang dipahami menjadi benar. 

"Tanpa ilmu kita akan merasa benar sekalipun salah, dan menyalahkan orang sekalipun orang itu benar, karena ilmu kita salah. Maka harus terus menuntut ilmu karena ilmu adalah cahaya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan ilmu bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Oleh karena itu diharuskan mencari guru, komunitas ideologi dan mencari kajian yang bisa membina syakhsyiah Islam

Selanjutnya ia mengatakan hal yang kedua adalah niat. Karena amal itu tergantung niat. Barang siapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasulnya maka dia akan hijrah kepada Allah dan Rasulnya. 

"Niatkan kita berhijrah hanya karena Allah. Ketika niatnya lurus karena Allah, maka Allah akan membuat kita Istiqamah di jalan perjuangan dan di jalan perubahan yang hakiki,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah niat maka selanjutnya adalah harus ada action. Salah satunya adalah dengan mengkader diri, keluarga, dan umat sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW. yang tujuannya sangat jelas yaitu mewujudkan Daulah Islam. Kalau dalam fiqih itu namanya Darul Islam itu adalah Khilafah Islamiah.

“Jadi yang perlu dilakukan adalah berjuang dengan dakwah ideologis, jangan ditunda-tunda. Segera lakukan perubahan hakiki dengan berbagai peranan kita, meskipun peranan kita berbeda-beda, namun tujuannya sama, yaitu perubahan menuju ketaatan total dalam wujud Daulah Islamiah, yakni hijrah menuju sistem Islam kaffah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah dan para sahabatnya,” tandasnya.[] Isty Da’iyah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar