Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hijrah Yuk! (Bagian 2)

Topswara.com -- Anak: bisa dilanjut sekarang Ayah? 

Ayah: insyaallah Nak. Apa lagi yang kamu tanyakan Nak? 

Anak: apa yang harus kita lakukan sekarang Yah? 

Ayah: pertama, wajib hijrah personal. Hijrah bimakna pindah dari satu kondisi kepada kondisi lebih baik. Hijrah meninggalkan maksiat menuju taat. Hijrah dari kehidupan jahiliah menjadi islami. Ini kewajiban setiap muslim Nak. 

Seperti pelaku riba, zina, judi, miras, gaul bebas, tidak shalat, tidak puasa, tidak menutup aurat, menuju semua yang diperintahkan Allah. 

Anak: kapan itu harus dilakukan Ayah? 

Ayah: saat ini juga Nak. Hijrah itu Nak. Tanpa tetapi tanpa nanti. Segala persoalan yang muncul setelah hijrah pasti dimudahkan oleh Allah. Itu janji Allah dalam surah An Nisa ayat 100. Jadi orang beriman enggak boleh takut hijrah. Karena Allah yang jamin. 

Allah berfirman An-Nisa Ayat 100 

۞ وَمَن يُهَاجِرْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ يَجِدْ فِى ٱلْأَرْضِ مُرَٰغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَن يَخْرُجْ مِنۢ بَيْتِهِۦ مُهَاجِرًا إِلَى ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ثُمَّ يُدْرِكْهُ ٱلْمَوْتُ فَقَدْ 
وَقَعَ أَجْرُهُۥ عَلَى ٱللَّهِ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

"Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Anak: iya Ayah paham. Terus yang selanjutnya apa Yah? 

Ayah: kedua, kita wajib hijrah secara syar'i. Yakni dari sistem jahiliah menuju sistem Islam. Dari negara kufur ke negara Islam. 

Anak: kan sekarang negara Islam enggak ada Yah? Yang ada kan negeri muslim saja, yaitu wilayah yang mayoritas penduduknya muslim tetapi sistem negaranya bukan Islam. 

Ayah: alhamdulillah kamu sudah paham bahasan kita kemaren ya Nak. 

Karena negara Islam belum ada di muka bumi ini. Yakni negara yang menerapkan sistem hukum Islam kaffah dan keamanan yang adalah keamanan Islam. Maka tugas kita lah untuk berjuang bersama untuk merubah sistem negara sekuler menjadi sistem negara Islam. 

Anak: caranya bagaimana Ayah? 

Ayah: caranya dengan mengikuti metode perjuangan Nabi Muhammad SAW. Berjuang tanpa kekerasan. Berjuang dengan damai. 

Anak: bagaimana itu Yah? 

Ayah: kamu penasaran banget ya? 

Anak: iya Yah. Bagaimana caranya Yah? 

Ayah: insyaallah kita sambung besok ya Nak. Sabar ya Nak. 

Anak: insyaallah Yah. Makasih Ayah.


Oleh: Ustaz Abu Zaid 
Ulama Aswaja 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar