Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hijrah Itu Perjuangan Tiada Akhir

Topswara.com -- Sobat hijrah, alhamdulillah kita sudah Allah tolong dengan kemampuan berhijrah. Allah mudahkan kita melampauinya. Hingga kenikmatan agung ini bisa kita rasakan. 

Namun sebagian kita mungkin merasa kok setelah hijrah hidup kita masih terus ada masalah. Masih sering ada kesulitan. Masih saja muncul problem. Ada problem keluarga. Ada problem kerjaan. Ada problem sama orang tua. Ada problem lain lagi. 

Sobat hijrah, sebenarnya hijrah itu bukanlah proses melompat. Namun proses berjalan. Momen saat kita mengawali hijrah itu adalah langkah pertama. Dan kita harus tetap fokus agar bisa melakukan langkah kedua, ketiga,  keempat, kelima dan seterusnya. Sampai kapan? Sampai kita mati. Sampai Allah panggil kita pulang. Sampai ajal tiba. 

Maka merupakan kesalahan fatal jika kita menyangka bahwa hijrah itu hanya langkah pertama. Hingga kita merasa sudah selesai dan semua problem hidup akan selesai. Kita tidak menyiapkan diri untuk langkah kedua dan seterusnya. Akhirnya kita kecewa karena ternyata kita tetap harus melangkah. Tetap harus berjuang. 

Karena itu Sobat, kita harus terus melangkah. Setapak demi setapak dalam proses menjadi lebih baik. Menjadi lebih sholih. Menjadi lebih taat. Menjadi lebih bertaqwa. Caranya? Dengan melalui ujian demi ujian. Melewati cobaan demi cobaan. Berat dong? Iya. Memang berat bahkan bisa jadi sangat berat. Namun semua itu akan mudah dan ringan. Lho kok? Iya karena Allah menjanjikan pertolongan. Allah akan memberikan solusi dari arah yang tidak disangka-sangka. 

Quran Surat An-Nisa Ayat 100

 ۞ وَمَن يُهَاجِرْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ يَجِدْ فِى ٱلْأَرْضِ مُرَٰغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَن يَخْرُجْ مِنۢ بَيْتِهِۦ مُهَاجِرًا إِلَى ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ثُمَّ يُدْرِكْهُ ٱلْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُۥ عَلَى ٱللَّهِ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا 

"Barang siapa berhijrah di jalan Allah,
niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Allah menjanjikan keleluasaan dan rezeki yang banyak. Banyak menurut ukuran Allah pastinya, bukan menurut persangkaan kita. Maka yakinlah bahwa setelah hijrah itu semua problem akan bisa kita selesaikan dengan pertolongan Allah. 

Lebih hebatnya lagi semua proses itu adalah amal sholih. Kenapa? Karena kita lakukan dennag niat liLlaah dan sesuai syariat Allah. 

Jadi sobat hijrah, yuk kita melangkah terus. Sambil bergandeng tangan menuju ridha Allah. Hijrah proses tiada akhir. Hingga Allah panggil kita pulang. Yuk hijrah bareng-bareng.[]


Ustaz Abu Zaid 
Ulama Aswaja 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar