Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Konsumsi Makanan Halal dan Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia Merupakan Bagian Perintah Allah SWT

Topswara.com -- Allah SWT menyuruh kita agar memakan buah atau sayur yang halal dan toyib. Karena perintah tersebut bermakna untuk memberikan kebaikan kepada manusia khususnya jasmani. 

Makanan yang harus rutin dikonsumsi adalah buah-buahan dengan beragam jenis yang telah Allah ciptakan. Salah satu buah yang Allah SWT ciptakan dan memiliki kaya manfaat bagi kesehatan manusia adalah buah kesemek 

Buah kesemek sangat luar biasa untuk menjaga kebugaran tubuh. Nama latin buah ini adalah Diospyros. Atau dalam bahasa Jepang disebut diospyros kaki.

Tanaman kesemak berdasarkan penelitian, tumbuh pertama kali di Tiongkok lalu menyebar ke Jepang, Korea dan seluruh Asia. Aromanya biasa-biasa saja dan rasanya tidak asam, tetapi gurih, dan manis. Dari rasa manisnya mungkin membuat yang mengkonsumsi akan berpikir bahwa kesemek hanya sekedar buah biasa seperti yang lainnya.

Namun dibalik rasa yang biasa pada buah kesemek, ternyata para ahli telah menemukan kandungan nutrisi yang luar biasa dalam buah kesemek. Setiap 100 gram buah telah diteliti mampu meregenerasi dan membersihkan radikal bebas dan plak-plak pada pembuluh darah. 

Selain itu, buah kesemek juga banyak mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh seperti protein, berbagai mineral, dan vitamin-vitamin. Semua unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan, serta kebugaran tubuh.

Buah Kesemek juga secara alami telah dipastikan mengandung serat, kalori, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C, serta mengandung senyawa antioksidan seperti karotenoid, katekin, dan flavonoid.

Secara rinci, terdapat beberapa manfaat buah kesemek menurut para ahli, yaitu mengurangi peradangan, mencegah osteoporosis, meningkatkan imunitas, meningkatkan kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung, mencegah obesitas, mendukung fungsi penglihatan, mencegah kanker usus besar, dan melawan penuaan dini. 

Kandungan antioksidan dalam buah kesemek membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sementara vitamin C, karotenoid, flavonoid, dan vitamin E bekerja sama untuk melawan peradangan, dan mencegah osteoporosis.

Dan ternyata bukan hanya susu satu-satunya yang memiliki manfaat pencegahan osteoporosis. Buah kesemek juga mengandung zat pencegahnya. 
 
Selanjutnya kandungan polisakarida dalam buah ini dapat menghambat ekspresi genetik osteoklas, sel-sel yang memicu kerusakan tulang, dan mampu meningkatkan Imunitas. 

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Antioxidants menyebutkan bahwa kandungan asam askorbat atau vitamin C dalam buah kesemek dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang merupakan pertahanan utama tubuh melawan patogen dan racun penyebab penyakit.

Buah kesemek juga memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kesehatan otak. Selain lutein dan zeaxanthin, buah kesemek juga mengandung fisetin. Fisetin dapat meningkatkan memori, mencegah disfungsi saraf, dan mencegah penurunan fungsi kognitif akibat pertambahan usia.

Tidak hanya itu, fisetin juga dapat melindungi otak dari kerusakan akibat stroke iskemik dan meningkatkan kadar serotonin untuk efek antidepresan.

Dalam khasiat memelihara kesehatan jantung, kandungan serat dalam buah kesemek mampu menjerat lemak penyebab kolesterol. Selain itu, kalium dalam buah ini membantu menurunkan tekanan darah, yang dibantu kandungan vitamin C dan folat sebagai antioksidan untuk mencegah stroke dan serangan jantung.

Pencegahan obesitas juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah kesemek. Khasiatnya yang diciptakan oleh Allah, ternyata juga memiliki sifat anti radang yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes.

Khasiat buah kesemek yang paling terkenal adalah menyehatkan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi melindungi mata dari degenerasi makula seiring bertambahnya usia. 

Penelitian menunjukkan bahwa buah berwarna orange kekuningan seperti kesemek dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Warna tersebut berasal dari kandungan beta karoten, sejenis antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Kandungan vitamin lainnya dalam buah kesemek adalah vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin mampu melawan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Jika ingin menikmati buah kesemek, ada beberapa cara sederhana mengolahnya agar memiliki sensasi yang berbeda. 
Cara pertama, bisa dengan memotong-motong kecil seperti memakan buah lainnya. Kedua, potong buah kesemek menjadi dua bagian, lalu menyerok dagingnya dengan sendok. Cara ketiga bisa dengan mencampurkannya ke dalam salad, acar, maupun rujak bersama buah lainnya. 

Selanjutnya, dapat juga dihaluskan dan tambahkan es krim untuk hidangan pencuci mulut yang menyegarkan. Ataua bisa jugat ambahkan buah kesemek kering atau segar sebagai taburan pada sereal, muesli, atau granola untuk rasa dan tekstur yang lebih baik. 

Namun, seperti halnya dengan makanan apa pun jika dikonsumsi berlebihan dari kebutuhan tubuh, akibatnya malah bisa menganggu kesehatan tubuh atau mendatangkan efek samping. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa studi menunjukkan buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah, sehingga perlu diwaspadai oleh mereka yang memiliki tekanan darah rendah.

Ada kemungkinan efek alergi seperti ruam merah, gatal, bengkak, hingga kesulitan bernapas. Jika memiliki reaksi alergi, segera hentikan konsumsi. Tetapi dengan kandungan nutrisi yang begitu kaya, buah kesemek salah bisa menjadi satu pilihan untuk hidup sehat dan bugar.


Oleh: drg. Alisyah Putra Harahap
Praktisi Kesehatan 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar