Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Candu Game Online Perusak Generasi


Topswara.com -- Di era globalisasi ini, banyak inovasi dan perubahan pada teknologi dan informasi komunikasi. Alat teknologi tersebut bermanfaat untuk memudahkan berkomunikasi maupun mencari informasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan gadget. Semua kalangan dari anak-anak hingga lansia, gadget sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pemiliknya. 

Dengan adanya kemajuan teknologi ini seharusnya kita bisa memanfaatkannya untuk hal yang positif. Para pemuda bisa mengembangkan keterampilan dan semakin mudah mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya, 
Jikalau benar-benar bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. 

Sobat muslimah, game online merupakan salah satu bukti adanya kemajuan teknologi. Game online diciptakan sebagai salah satu hiburan untuk kita, tetapi kenyataan saat ini game online bukan lagi sekedar hiburan, namun sudah menjadi gaya hidup. 

Sobat muslimah bisa melihat sendiri disekitar kita sekarang ini banyak yang kecanduan game online, diri anak-anak hingga orang dewasa. Kita sekarang fokus pada para pemudanya nih sob. Bagaimana dengan mereka yang sudah kecanduan game online? Tahukah sobat muslimah bahayanya jika terus menerus bermain game online? 

Game online sendiri lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya sob
Dengan bermain game online terus menerus akan melalaikan segalanya, misalnya saja ada yang sampai lupa makan, minum, tidak tidur dan bahkan meninggalkan shalat karena fokus bermain game… astaghfirullah 
Jangan ditiru ya sob

Kecanduan game online juga berdampak pada kesehatan nih sob, pancaran radiasi dari gadget akan mengganggu kesehatan mata, bukan hanya itu,anak yang terlalu sering bermain game online juga cepat mengalami perubahan mood, seperti mudah marah, susah tidur, kurang konsentrasi dan juga mengalami gangguan kesehatan lainnya. 

Pemuda yang sudah kecanduan game online juga susah untuk bersosialisasi, kurang peduli dengan lingkungan sekitar, cuek, dan tentunya malas untuk belajar. 
Banyaknya game yang menampilkan kekerasan juga berdampak pada perilaku pemainnya, itulah kenapa sekarang banyak anak muda yang memiliki perilaku brutal? 

Tentu saja karena terinspirasi dari game online yang mereka mainkan. Terbiasa dengan kekerasan yang ada pada game online maka akan terbiasa juga di dunia nyata. Bahkan kekerasan dianggap sebagai hal yang sepele. 

Bukan itu saja sob, bahkan ada yang rela menghabiskan uangnya untuk top-up game online. Dan jika sampai kehabisan uang sampai ada yang nekat mencuri demi bisa melakukan top-up.

Kecanduan game tidak hanya merugikan diri sendiri sob, tetapi juga orang lain.
Ternyata banyak sekali ya sob akibat yang ditimbulkan dari kecanduan game online ini.

Lalu kenapa ya sob, banyak anak yang kecanduan game online ? 

Sobat muslimah ini semua bisa terjadi karena beberapa faktor, kurangnya perhatian orang tua, pergaulan yang salah, orang tua yang memfasilitasi anak HP, dan juga banyaknya situs-situs yang mempermudah mereka mengakses game secara gratis.

Paling penting adalah adanya sistem sekularisme, yaitu pemisahan agama dari kehidupan. Para pemuda tidak tahu tujuan hidupnya, hidupnya dijalani sesuka hati, tanpa memikirkan apa akibat yang ditimbulkan dari apa yang mereka lakukan. 

"Diantara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat" (HR.Imam Tirmidzi).

Hidup ini hanya sementara sob
Carilah amal sebanyak-banyaknya untuk bekal kita Yaumul akhir nanti. Selalu berfikir sebelum kita melakukan sesuatu, apakah yang kita lakukan itu bermanfaat atau tidak, dan apa konsekuensi atas apa yang akan kita lakukan, apakah hal yang dilarang oleh Allah atau bukan. Pola pikir mempengaruhi tingkah laku kita sob. Yuk kita biasakan berpikir sebelum bertindak!

Wallahu'alam


Oleh: Dita Anggraeni
Muslimah Peduli Generasi
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar