Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tiga Hal yang Menjadi Alasan Kuat Mencintai Rasulullah SAW


Topswara.com -- Setidaknya ada Tiga hal yang menjadi alasan kuat mencintai Rasulullah SAW. Hal tersebut diungkap Pakar Parenting Islam Ustazah Yanti Tanjung dalam Kajian Muslimah Bulanan Komunitas Muslimah Perindu Surga: Merawat Kecintaan Keluarga Muslim kepada Rasulullah SAW, Ahad (15/10/2023) di Sukamaju, Depok.

Pertama, Nabi Muhammad SAW bukanlah manusia biasa tetapi utusan Allah SWT yang terlahir untuk merubah peradaban manusia dari jahiliah kepada Islam kaffah.

Kemudian, Yanti Tanjung pun membacakan Al-Qur'an surah at-Taubah ayat 128 yang artinya, 
“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang Mukmin.” 

Kedua, Nabi Muhammad SAW sebagai teladan. “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” ungkap Founder Sekolah Anak Tangguh tersebut di hadapan sekitar 110 peserta sambil membacakan Al-Qur’an surah al-Ahzab ayat 21.

Ketiga, Nabi Muhammad SAW penyempurna akhlak manusia. Selain itu, terangnya, kelahiran Rasul penyempurna akhlak manusia, disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang baik” (Hadist Riwayat Al Baihaqi). 

Tips Merawat Kecintaan

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh keluarga Muslim dalam upaya merawat kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, menurut Yanti Tanjung, adalah dengan membaca dan mengkaji sirah (sejarah) Rasulullah SAW dan menghidupkannya di keluarga Muslim sehingga menjadi teladan dan menambah kecintaan kepada sang Rasul. 

Tidak hanya itu, menurutnya, ditambah pula dengan memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW serta membiasakan diri dengan sunnah Rasul, ziyadah keimanan kepada Rasulullah dengan memupuknya di majelis ilmu serta diskusi-diskusi keislaman secara intensif, ziyadah (menambah) tsaqafah (pengetahuan) Islam, memperbanyak majelis ilmu dan membaca serta mendengar seputar Al-Qur'an, hadis, fiqih, dan lain lain.

"Sebagai keluarga Muslim mari kita mengajak dan menyebarkan kepada orang lain pembuktian cinta kepada Nabi Muhammad SAW adalah dengan mengikuti dan melanjutkan seluruh risalah yang disampaikan Rasulullah,” pungkasnya.[] Sandhi Indrati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar