Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Nasihat Imam Bukhari bagi yang Ingin Belajar Hadis


Topswara.com -- Direktur Pusat Pendidikan Hadis Ma'had Khadimus Sunnah, Ustaz Yuana Ryan Tresna menceritakan sebuah kisah tentang nasihat Imam Al-Bukhari kepada seorang murid yang ingin belajar hadis. Hal tersebut diungkapkannya di dalam channel Telegramnya "Perhatikan Empat Hal!" Selasa, (8/8/2023).

"Imam al-Bukhari mengatakan, 'Jika kamu ingin menjadi ahli hadis yang sempurna, kamu mesti menulis empat hal. Empat hal ini tidak sempurna, kecuali dengan empat perkara'," tulisnya.

Mengutip Imam Jalaluddin al-Suyuthi dalam kitab Tadribur Rawi hlm. 93-94, Ustaz Yuana menyampaikan bahwa empat hal tersebut adalah mahir menulis, mengerti bahasa, menguasai ilmu sharf, dan ilmu nahwu.

Sedangkan, lanjutnya, empat perkara itu ada karena karunia yang Allah berikan berupa kesehatan, kemampuan, keuletan, dan hafalan. Apabila keempat hal ini berjalan dengan baik, Allah akan memberinya keuntungan, yaitu keluarga, anak, harta, dan domisili. 

Namun, lanjutnya, seketika itu pula penuntut ilmu itu akan diuji oleh kedengkian musuhnya, celaan sahabatnya, makian dari orang bodoh, dan iri hati ulama. Akan tetapi, jika dia berhasil melewati ujian ini maka dia akan memperoleh kebaikan, yaitu makin qana'ah, keyakinan meningkat, merasakan nikmatnya ilmu, dan kenikmatan hidup.

Kemudian, lanjutnya, kelak Allah juga akan memuliakan orang tersebut, dengan dia akan dapat memberikan syafa'at kepada siapa yang dia inginkan, berhak memberi minum kepada siapa pun dari telaga Nabi Muhammad, dinaungi bayangan Arasy saat tidak ada lagi naungan kecuali naungan-Nya, dan diposisikan di surga paling tinggi di samping surga para nabi.

"Begitulah rahasia empat hal. Di dalamnya ada kondisi di mana sulitnya menuntut ilmu. Ada banyak rintangan dan godaan yang mesti disingkirkan. Sangat beruntung orang yang mampu bersabar dalam melewati segala bentuk ujian ini," pungkasnya.[] Azizah Nur Fadhilah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar