Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kewajiban Istri Menaati Suami Sangat Tegas Dinyatakan dalam Islam


Topswara.com -- Jurnalis Joko Prasetyo mengungkapkan kewajiban seorang istri untuk taat pada suaminya sangat tegas dinyatakan dalam Islam.  

“Kewajiban seorang istri untuk menaati suaminya sangat tegas dinyatakan dalam agama Islam,” ungkap jurnalis yang kerap disapa Om Joy tersebut dalam Training Jurnalistik: Penulisan Reportase, Jumat (29/9/2023) di grup WhatsApp Komunitas Muslimah Menulis (KKM) Depok.  

Kewajiban tersebut, menurutnya, tertuang dalam sabda Rasulullah SAW, “Andai boleh kuperintahkan seseorang untuk bersujud kepada yang lain tentu kuperintahkan seorang istri untuk bersujud kepada suaminya” (HR Tirmidzi).   

Maka, ketika seorang istri dihadapkan pada dua perkara wajib sekaligus yang salah satunya adalah kewajiban menuruti perintah suami, selama perintah tersebut tidak melanggar ajaran Islam, maka perintah suami harus didahulukan. 

Misalnya, Om Joy mencontohkan, seorang istri tanpa sepengetahuan suami sudah membuat janji kontak dakwah pada hari tertentu dengan orang lain dan bukan di hari libur suami. Tiba-tiba di hari tersebut suami libur dan ingin bersama istri. 

“Berdakwah wajib, menepati janji wajib, berbakti pada suami juga wajib. Maka dalam hal ini istri harus memprioritaskan suami dan menjadwal ulang kegiatan dakwahnya walaupun sudah membuat janji,” pungkasnya.[] Mustikawati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar