Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Waktu Adalah Modal


Topswara.com -- Influencer Dakwah dan Entrepreneur Muslim Ustaz Doni Riwayanto atau dikenal dengan Doni Riw menuturkan, waktu adalah modal yang diberikan Allah kepada manusia. 

"Dengan modal waktu tersebut, manusia bisa mencari harta, bisa mencari pahala," ujarnya, kepada Topswara.com, Senin (7/8/2023).

"Demi masa. Sesungguhnya semua manusia merugi. Kecuali waktu yang telah diberikan kepadanya itu dipenuhi dengan iman, digunakan untuk beramal solih, berdakwah, dan membungkus semua itu dengan kesabaran," sambungnya.

Menurut Doni Riw, manusia bisa menghabiskan seluruh waktunya untuk mencari harta saja. Dengan itu dia akan mendapatkan banyak harta, tetapi kehilangan banyak hal lainnya. Itulah orang merugi.

"Agar tidak merugi, manusia harus mengatur modal waktu yang telah diamanahkan kepadanya itu dengan bijaksana," terangnya.

Ia katakan, seperempat waktu digunakan untuk mencari harta sebagai wasilah bertahan hidup di dunia. Seperempat waktu digunakan untuk meri'ayah anak, istri, keluarga, demi melindungi bumi dari kepunahan manusia.

"Seperempat waktu digunakan untuk berdakwah demi peradaban cemerlang dunia di bawah naungan Islam. Seperempat waktu untuk diri sendiri karena badan juga punya hak untuk istirahat," lanjutnya.

Dalam sehari, ia katakan manusia punya modal 24 jam yang sama. Maka manusia bisa mengalokasikan enam jam untuk mencari harta, enam jam untuk dakwah, enam jam untuk keluarga, dan enam jam untuk diri sendiri.

"Tidak harus tepat-tepat amat. Tidak harus pula enam jam berturut-turut tanpa jeda. Tinggal dimanage saja dengan leluasa," imbuhnya.

Dengan menata waktu semacam itu, menurutnya kelak manusia tidak menyesal sebab merugi tak bijak mengatur modal waktu yang telah diberikan oleh-Nya. [] Lanhy Hafa
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar