Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tips agar Anak Mau Belajar Membaca Al-Qur'an

Topswara.com -- Tidak jarang anak menjadi malas belajar membaca Al-Qur’an lantaran bosan atau merasa tidak kunjung bisa. Sebagai orang tua, kita harus terus memotivasinya agar semangat mengajinya tidak sirna. Bagi Anda yang memiliki anak yang ogah-ogahan tersebut, semoga beberapa tips di bawah ini dapat membantu. Selamat mencoba. 

𝑷𝒆𝒓𝒕𝒂𝒎𝒂, 𝒎𝒆𝒎𝒐𝒕𝒊𝒗𝒂𝒔𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒊𝒌𝒂𝒕𝒂𝒏 𝒓𝒂𝒔𝒂 𝒄𝒊𝒏𝒕𝒂. Semakin hangat Anda memperlakukan anak ketika belajar, maka semakin mudah Anda membujuk mereka mempelajarinya.

𝑲𝒆𝒅𝒖𝒂, 𝒎𝒆𝒎𝒐𝒕𝒊𝒗𝒂𝒔𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒓𝒂𝒔𝒂 𝒔𝒚𝒖𝒌𝒖𝒓. Mintalah anak untuk mengungkapkan rasa syukur atas kesehatan dan kelengkapan indrawinya kepada Allah SWT, salah satunya diwujudkan dengan mengaji. 

𝑲𝒆𝒕𝒊𝒈𝒂, 𝒎𝒆𝒎𝒐𝒕𝒊𝒗𝒂𝒔𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒑𝒂𝒉𝒂𝒍𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒊𝒎𝒑𝒂𝒉 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝑨𝒍𝒍𝒂𝒉 𝑺𝑾𝑻. Sampaikan kabar gembira dari Rasulullah SAW dalam haditsnya yang menyebut pahala bagi yang membaca Al-Qur’an itu dari setiap huruf yang dibacanya. Sedangkan pahala kita perlukan agar di akhirat kelak kita dapat masuk surga-Nya. 

𝑲𝒆𝒆𝒎𝒑𝒂𝒕, 𝒎𝒆𝒎𝒐𝒕𝒊𝒗𝒂𝒔𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒄𝒆𝒓𝒊𝒕𝒂. Pilihlah kisah-kisah yang menggugah tentang perjuangan belajar Al-Qur’an para imam madzhab, qari, pengalaman pribadi Anda, dan lain-lain.

𝑲𝒆𝒍𝒊𝒎𝒂, 𝒎𝒆𝒎𝒐𝒕𝒊𝒗𝒂𝒔𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒑𝒖𝒋𝒊𝒂𝒏. Berikanlah pujian pada apa pun kemajuan dan kemauan anak untuk mengaji, pujian ini bisa menjadi penguatan motivasi (𝑒𝑛𝑓𝑜𝑟𝑐𝑒𝑚𝑒𝑛𝑡).

𝑲𝒆𝒆𝒏𝒂𝒎, 𝒎𝒆𝒎𝒐𝒕𝒊𝒗𝒂𝒔𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒆𝒓𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒉𝒂𝒅𝒊𝒂𝒉. Misal dengan pemberian hadiah pada setiap kenaikan jilid Iqra, atau setiap juz Al-Qur’an bahkan syukuran ketika khatam Al-Qur’an.[]


Oleh: Joko Prasetiyo
Jurnalis
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar