Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kapan Kamu Menikah? (Jomblo Anti Galau)


Topswara.com -- Bagi jomblo, apalagi yang agak karatan, maka pertanyaan di atas amat mengerikan. Apalagi jika ditanya saat halal bi halal keluarga besar. Betul kan? Bukan masalah susah dijawabnya namun respon khalayak yang hmmmm.

Tetapi kalau kita adalah pejuang Islam maka pertanyaan itu pastinya ringat saja. Karena pertanyaan beratnya adalah, kapan anda menaklukkan Roma? Nah ini baru berat.

Bagi jomblo tidak usah khawatir. Tidak usah galau. Masalah nya simpel kok.

Semua tergantung pada kesiapan kita. Jika kita memang sudah siap menikah lahir batin. Maka menikah InsyaAllah mudah. Asal kita juga nyari yang mudah. Jangan nyari yang sulit.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Pertama, jika sudah siap menikah pada tahun ini maka bismillah persiapkanlah. Mulai dari minta guru untuk carikan calon yang tepat, hingga pelaksanaan akad, walimah, tempat tinggal paska menikah dan lain-lain. Tentunya mempersiapkan juga orang tua. Dan biaya yang diperlukan.

Kedua, pilih calon yang mudah. Wanita shalihah sudah ngaji dan siap berjuang. Jangan nyari yang sulit, yang tidak paham Islam apalagi berjuang. Syarat fisik yang standar saja. Yang penting sehat dan wajar saja.

Ketiga, mencari yang dekat. Lebih dekat lebih baik. Banyak sekali kemudahan jika jaraknya dekat. Tentu saja hemat segalanya. Hemat waktu, tenaga, dan biaya.

Keempat, mahar semampunya saja. Jika permintaan calon istri diluar kemampuan tidak usah saja.

Kelima, lobi kedua orang tua oleh anda. Lobi kedua calon mertua oleh calon istri.

Keenam, jika perkara penting, seperti mahar, walimah syar'iy, teknis lain sudah disetujui maka langsung khitbah. 

Ketujuh, lebih cepat ke akad lebih baik, bakda khitbah. Jangan lama lama.

Kedelapan, biaya nikah sehemat mungkin jika ada uang lebih baik dipakai paska nikah. Untuk beli rumah, kendaraan, ngasih hadiah orang tua, mertua, dan lain-lain. Jangan sampai habis walimah malah stres karena utang.

Kesembilan, semua proses lewat guru. Agar terhindar dari segala marabahaya pergaulan ala-ala setan. Ingat sebelum saksi teriak, sah!, Maka anda dan calon istri tetap orang asing

Kesepuluh, selalu tawakal sejak berazam menikah dan dalam seluruh prosesnya.

Namun jika anda belum mau nikah tahun ini karena ada target lain maka tidak usah dipikirkan nikah. Hanya akan bikin ruwet hidup saja. Tetapi kalau diteror pertanyaan itu bagaimana? Ya jawablah, InsyaAllah nanti pada masanya. Terus selanjutnya jika respon mereka hmm..hmmm bagaimana?. Diam.[]


Oleh: Ustaz Abu Zaid
Ulama Aswaja
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar