Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Maksiat Membuat Hati Lebih Keras daripada Batu

Topswara.com -- Cendekiawan Muslim Ustaz Adi Hidayat, Lc., M.A. menuturkan bahwa maksiat bisa membuat hati lebih keras daripada batu.

"Maksiat yang dikerjakan seseorang bisa membuat hatinya keras, bahkan lebih keras dari batu," ungkapnya dalam Kajian UAH bertajuk Hati yang Lebih Keras daripada Batu di kanal YouTube Adi Hidayat Official. Jumat (23/6/2023).

Batu itu kerasnya luar biasa, katanya. Namun, hati kita kan bukan dibuat dari batu. Jadi, masa batu yang keras saja menjadi lembut mendengar asma Allah, lalu kenapa hati kita tak bisa lembut, ada apa ini?

"Batu yang keras masih bisa pecah kalau mendengar asma Allah. Makanya keluar air, misalkan air terjun. Ini adalah bab iman. Maka, turunlah ayat-ayat untuk menyentuh iman, tetapi jika mau ditelusuri dengan akal pun silakan," imbuhnya 

Ustaz menambahkan dengan membacakan ayat Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 74,

ثُمَّ قَسَتْ قُلُوْبُكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ اَوْ اَشَدُّ قَسْوَةً ۗ وَاِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْاَنْهٰرُ ۗ وَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاۤءُ ۗوَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ

Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras. Padahal dari batu-batu itu pasti ada sungai-sungai yang (airnya) memancar daripadanya. Ada pula yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya. Dan ada pula yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah tidaklah lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

"Makanya, jangan bebal dan abai dengan tobat, sampai hati mati. Kalau hati sudah mati, susah nanti," lugasnya.

UAH mengatakan, kita diminta oleh Allah SWT. dan Rasulullah SAW. untuk sadar diri. Jangan-jangan selama ini ada banyak maksiat yang dilakukan.

"Masih ada peluang tobat untuk dilakukan walaupun itu sebagai dosa besar. Sepanjang ajal belum tiba, segeralah bertobat dan dekati Allah SWT," tutupnya. [] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar